Wednesday, May 18, 2011

Hore Hore Siap-Siap Berangkat ke Middle East

Dalam tahapan ini Aku mau ngucapin ''Selamat'' aja deh, hore hore mau berangkat ke Middle East, perasaan gembira, bingung, panik pokoke campur baur ato masih gak percaya klo sudah mau berangkat (masih mimpi kali yee..)
Tapi jangan lupa banyak hal yang harus disiapkan. Termasuk nraktir temen2 di perusahaan lama hehe...
Pertanyaannya '' Apa sih yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat?'':
  • Pasport, Mungkin temen2 dah punya pasport sebelumnya, bagi yang belum ya jangan lupa bikin hehe... Kalau menurut Aku sih klo sudah dapet offering baru bikin pasport, biar masa berlakunya lebih lama. Untuk passport kita ngeluarin biaya sendiri, tidak ditanggung perusahaan. Makanya klo belum dapet offering menurutku jangan dulu bikin passport, solanya lumayan biayanya. Temen temen bisa pilih jalur cepat ato jalur lambat. Tahu sendiri lah konotasi ''jalur cepet'' ya konsekuensinya biayanya double sekitar 600Rb tapi bisa 1 hari. Klo yang jalur lambat sktr 300Rb(kurang tahu persisnya) ya konsekuensinya mungkin harus bolak balik imigrasi. Terus yg perlu dipertimbangkan juga temen-temen rencana mau bawa keluarga ato ambil bachelor (sendiri). Klo keputusannya bawa keluarga menurutku ya sekalian bikin untuk smua anggota keluarga, supaya mempermudah untuk pengurusan family status di perusahaan beserta visanya. Soalnya klo gak dibikinin sekalian, pas kita sudah berangkat kasihan mereka ngurus sendiri. Tapi klo belum ada biaya ya menyusul juga gak apa2. 
  • Visa, untuk visa kita gak keluar biaya, sudah ditanggung dan di urusin sama perusahaan dan pastinya dibantu sama Agen yg bersangkutan. Biasanya temen2  disuruh ngirim berkas2 persyaratan ke pihak Agen. Wah sayangnya Aku lupa berkas apa aja yang dibutuh kan. 
  • Tiket, Tiket biasanya setelah visa. Dan kayaknya musti gitu deh. Soalnya klo belum jadi visanya gak mungkin tiketnya di issue, mungkin hampir berbarengan. Jadi jangan kawatir bila belum dapet tiket padahal visa dah keluar. 
  • Bekel untuk diri sendiri, maksutnya bekel buat di tempat tujuan biar lebih ready gitu lhoo. Nah yang harus  di perhatikan di Middle East itu kan panas, meskipun juga ada musim dinginnya. Pertama kayaknya bekel uang secukupnya, buat kebutuhan sehari2 selama masih dalam proses menunggu. Karena perusahaan belum ngasih ''utangan'' Tapi ada juga perusahaan yang ngasih uang selamat datang, tapi Aku gak tahu persis perusahaan mana saja. Untuk lebih amannya mending bawa secukupnya. Dan yang gak kalah penting itu bekel seperti baju, kaos oblong buat rangkepan coverall, kaos kaki, klo bisa tiap hari ganti biar gak bau tentunya hehe...Sepatu olahraga bagi yang aktif olah raga, biasanya klo baru datang itu bawaanya home sick (mikir keluarga terus) nha untuk menghindari itu usahakan cari2 kesibukan seperti olahraga dll sesuai hobi tentunya. Juga gak kalah penting ada perusahaan di Middle East ini yang menerapkan kebijakan tidak boleh bawa kamera dalam bentuk apapun (HP, Laptop, kamera beneran tentunya) dan itu umumnya perusahaan di UAE, klo di Qatar kemungkinan boleh tapi gak boleh masuk plant. Lebih jelasnya bagi temen2 yang sudah Kerja di Luar Negri / Middle east bisa sharing disini, bisa kirim email ato tinggalkan pesan. Umunya komunikasi di sini mahal, nha klo temen2 ada rejeki mending pasang internnet dulu di rumah Indonesia karena komunikasi lewat internet jauh lebih murah dan mungkin gratis bila pake googletalk, YM, skype dan yang lebih familiar ya FB lah.
  • Doa,tentunya hehe... tapi jangan pergi ke dukun dunk xixixi...Dan gak kalah penting minta restu orang tua. 
Oke sekali lagi selamat dan welcome bagi yang sudah mau berangkat Kerja di Luar Negri / Middle East. Bagi yang belum ya jangan putus asa untuk mencoba.

No comments:

Post a Comment

Sungguh senang bilan Temen-temen meninggalkan pesan ato komen untuk melengkapi BLOG ini