Wednesday, May 18, 2011

Menginjakkan Kaki di Middle East sebagai Pekerja Luar Negri

Welcome bagi temen-temen yang sudah mengijakkan kaki di Middle East sebagai Pekerja Luar Negri (TKI) yang profesional. Klo datang di Middle East pas musim dingin sih lumayan enak buat jalan jalan menikmati suasana baru di negara baru, tapi klo pas musim panas kurang nyaman tentunya buat jalan jalan. Tapi kalau sekalian untuk sauna sih gak apa2 hehe... Jangan kawatir meskipun musim panas banyak pilihan transportasi dan lumayan murah. Sebagai contoh bis kota klo di Abu Dhabi jauh dekat hanya 1 Dirham (Rp. 3200), klo taksi sih lumayan murah apalagi di naikin berapa orang bisa lebih ngirit (patungan maksutnya hehe...) Mungkin temen2 sebelum berangkat bertanya : nanti pas sampe sana gimana? diejmput gak terus di suruh kemana? Wah pertanyaanya berendeng gitu.
  • Jemputan, Ok.. jangan kawatir pada waktu sampe di negara tujuan pihak perusahaan di Middle East ini umumnya menyedian jemputan. Eits.. tapi menurut cerita temen yang pengalaman di KSA mereka kebingungan pada waktu baru pertama kali sampe karena tidakdi jemput. Bayangin baru pertama kali sampe di negri orang gak ada yang jemput terus gak ada yang bisa di hubungi wah bisa berabe tuh.Tapi normalnya mereka menyediakan transportasi jemputan. Klo perlu di pastikan dulu sebelum berangkat. 
  • Akomodasi, sudah barang tentu disediakan akomodasi, klo gak ada mau nginep dimana hehe... Ada perusahaan di Middle East ini yang menyediakan akomodasi berupa Guest House, ada pula yang di Hotel. Lumayan tuh Gratis hehe... 
  • Medical Check Up, Meskipun di Indonesia sudah Medical Check Up, perusahaan di Middle East ini menerapkan double check lagi, mungkin gak percaya kali ya hehe... Nha perlu di waspadai MCU ini sangat berpengaruh terhadap kontrak baru, bila temen temen gagal di MCU yang kedua ini ya bisa jadi temen2 disuruh pulang lagi alias gak diterima. Tapi jangan kawatir biasanya mereka ada treatment lagi sampe hasil MCU berikutnya pass kecuali 3 penyakit : AIDS, HEPATITIS dan BRONCHITIS. Untuk ketiga kategori di atas tidak ada ampun. Klo di UAE ada MCU lagi untuk Government untuk ngurus VISA resident. Klo sudah ada hasil dua duanya baru bisa legaa. 
  • Kontrak Baru, Meskipun di Indonesia sudah tanda tangan offering, perusahaan Middle East ini menyodorkan kontrak baru setelah MCU lolos yang menyatakan : ''Anda menjadi karyawan resmi''. Nah di kontrak baru ini lebih detail apa yang di terima atau gaji dan embel2nya. Pada tahap ini paralel dengan pengurusan Visa resident, Emirate ID (KTP UAE), Securiti Pass (Oil Gate Pass ini mungkin khusus di UAE) bila semua sudah selesai maka temen temen akan di kirim ke tempat tujuan (destinasi yang sudah di tanda tangani)
Oke mungkin tahap ini cukup demikian sesuai memorinya hehe, nanti klo ada tambahan Aku tambahin lagi. Ato Temen temen yang sudah Kerja di Luar Negri/ Midlle East bisa kirim saran di email, ato tinggal kan pesan di bawah. 

No comments:

Post a Comment

Sungguh senang bilan Temen-temen meninggalkan pesan ato komen untuk melengkapi BLOG ini