Tuesday, May 17, 2011

Lowongan Kerja Luar Negri - Middle East

Lowongan Kerja Luar Negri ini merupakan Blog yang Aku tulis bedasarkan pengalaman pribadi dan beberapa pengalaman orang lain yang telah berhasil menginjakkan kaki di Luar Negri atau Middle East. Semoga bermanfaat bagi temen-temen yg mau berangkat atau yang baru mau interview. InsyaAllah aku akan tulis selengkap lengkapnya dari proses seleksi, persiapan berangkat, tiba dilokasi, mulai kerja, situasi kerja, dah lah pokoknya Aku usahakan selengkap-lenkapnya. Dan kalau masih ada yg bolong-bolong bisa di info ato ditanyakan langsung klik disini ato tinggalkan komen.

Oke kita mulai dari awal tahapan-tahapan Kerja Luar Negri / Middle East
  • Tahapan: Banyak dari temen temen yg bertanya: Gimana sih tahapannya, ato gimana sih kok bisa lompat kesana? Mungkin pertanyaan ini muncul bagi para ''pemula'', aku instilahkan seperti itu biar gampang aja deehh. Kemana submit CV dan iklannya dimana. Pertanyaan itu pasti akan muncul bagi para temen-temen yang baru.  OK berikut tahapan-tahapan Kerja Luar Negri / Middle East. Biasanya perusahaan di Middle East pake jasa Agen. Ingat Agen hanya sebagai perantara bukan penentu lolos ato tidaknya tapi klo sudah di blacklist sama Agen ya mau apa lagi, mungkin harus minta maaf kali yaa.. hehe. Tapi komunikasi mulai dari panggilan interview sampe proses pemberangkatan dilakukan oleh Agen.
    • Dimana biasanya dapet info lowongan Kerja Luar Negri / Middle East: Seperti yang sudah umum mereka pasang iklan di harian KOMPAS dan biasanya pasang hari Sabtu, Minggu, tapi tidak menutup kemungkinan pada hari-hari biasa, website seperti www.petromindo.com, ato di website Agen tersebut misalnya www.gunamandiri.comwww.uzmagroup.com. www.megarainfiled.com
    • Klo sudah ada yg cocok dengan yang ditarget ya sudah jangan ambil pusing lansung Apply. Applynya kemana? Biasanya mereka mencantumkan alamat email untuk posisi yang di butuhkan tersebut.
    • Klo sudah Apply ya tinggal nunggu aja, klo usernya tertarik ya pasti dipanggil untuk test tulis dan atau interview, klo gak dipanggil yaa coba lagi deh hehehe....Tips: Apply sebanyak banyaknya masak sih gak ada yang dipanggil. Klo gak dipanggil keterlaluan hehe...
    • Nah klo dipanggil interview berarti satu langkah maju menuju tempat tujuan. Apa sih persiapan interview: yang jelas observasi perusahaan yang dituju (produk, teknology dll) ketemen2 yg sudah berangkat duluan ato cari di Mbah Google gampang dan mudah hehe.. Ya klo temen yang sudah berangkat masih pada inget tanya sekalian tanya soal2 yg di ujikan (biasanya sih gak jauh dari bidang masing2 misalnya : instrument, mechanical,electrical, operation plus tentang safety) dan yang lebih penting ngerti Bahasa Inggris, tapi kayaknya jangan terlalu kawatir dech.. klo fluent lebih bagus tapi klo gak yang penting ngerti yg dimaksut dan bisa menyampaikan meskipun gratul gratul (istilah apa ini... hehe) seperti kayak Aku dulu yg penting PD, dan ternyata pas tiba ditempat tujuan sama saja (sama kayak aku maksutnya) ya yang fluent juga banyak dan yg gak juga lebih banyak hehe... Dan yang jelas belajar dan berdoa. InsyaAllah klo temen2 menguasai pekerjaan yg sekarang tahap ini gak masalah apalagi ditunjang sama doa lebih mangstap. Nah pas interview ini bagi yang di panggil (listed) biasanya tiket diganti tapi ada juga yg gak dapet tergantung Agen dan yang jelas harus ditanyakan sebelum berangkat, dan inget klo diganti tiketnya jangan hilang pastinya.
    • Test tahap ini (interview dan atau test tulis) setiap perusahaan punya standar masing masing, ada perusahaan yg hanya seleksi interview doang, ada yang test tulis dan interview. Ada yang test tulisnya komplit ada yang hanya sekedar aja. Seprti contoh ORYX GTL (Qatar), QCHEM mereka menerapkan test tulis komplit (mechanical, bahasa inggris, teknikal) pernah ngalamin soalnya hehe. Klo yang seperti itu memang harus jago Bahasa Inggrisnya. Nah bagi temen-temen yg di ORYX ato yang sudah berada di MIDDLE EAST silahkan berbagi disini lewat komen dibawah.
    • Nah sekarang saat-saat yg mendebarkan, menunggu hasil test. Klo user cocok ato OK dengan hasil test kita ya mereka ngasih OFFERING hari itu juga, tapi ada juga yg di tunda beberapa hari. Klo pihak agen bilang '' Silahkan ditunggu dirumah, 2minggu an nanti dikasih kabar '' ya itu sebenarnya insyarat bahwa kita belum dapet rejeki. tapi gak ada salahnya di tunggu. Tapi menurut pengalamanku ya lupakan saja. Karena pihak user gak akan tinggal di Indonesia sampe 2 minggu kedepan. Mereka sudah ada agenda recruitment misal di Manila (Philippine), Malaysia, India. Klo Temen2 dapet offering sebaiknya dibaca bener2 isinya dan tanyakan ke temen yg sudah berangkat, klo bisa dibawa pulang dl di baca2, di tunjukin ke istri, mertua/orangtua.. hehe narsis dot kom. Tapi bener mending klo boleh dibawa pulang, dibawa pulang dulu klo sudah Ok baru di kirim ke Agen yg bersangkutan. Pada saat itu temen2 punya waktu untuk bertanya ke temenya yg sudah berangkat ke MIDDLE EAST. Cari tahu profil perusahaan selangkap lengkapnya, kultur kerja, ya klo bisa tanya se detail2nya: Gaji, Bonus, kenaikan gaji, perumahan, ya pokoknya selengkap2nya. Tentang perumahan nanti Aku bahas tersendiri.
  • Nah sampe disini Mungkin temen2 yang bisa aku tulis untuk tahapan awal tentang KERJA LUAR NEGRI / MIDLLE EAST. Smoga berguna bagi temen2 yg mau menjadi komunitas Mddle East. Mungkin ada temen yang belum jelas dari tahapan ini bisa tinggalkan komen ato kirim ke email, InsyaAllah di respon dengan cepat hehe klo ada waktu pastinya.



    4 comments:

    1. OK... Mudah2an lebih semangat nulis info dan berguna bagi temen2...

      ReplyDelete
    2. ayo semangat, cari duit yg tekun bir cepat jadi pengusaha..

      ReplyDelete

    Sungguh senang bilan Temen-temen meninggalkan pesan ato komen untuk melengkapi BLOG ini